Offshoot Pada Tanaman Kurma, Apakah Bisa?



Mungkin sebagian dari Anda masih bertanya-tanya, apakah offshoot atau beranak-tunas bisa terjadi pada tanaman kurma? karena pohon kurma termasuk keluarga palma (Arecaceae), tidak seperti pohon bambu atau pohon pisang yang bisa memiliki tunas...
istilah beranak-tunas untuk menerjemahkan kata offshoot ini sy mengikuti pendapat dari bpk Husnan Hadi.

cara menanam kurma - offshoot tanaman kurma - tanaman kurma jantan dan tanaman kurma betina

Menurut pekerja kebun, kedua pohon kurma ini ditanam dari biji, yang satu (foto kiri) jantan dan yang satunya lagi (foto kanan) berjenis kelamin betina. walaupun kedua pohon ini berjenis kelamin yang berbeda, tetapi keduanya bisa beranak-tunas atau offshoot. Foto di atas diambil dari negara Uni Emirat Arab ini akan menjawab keraguan Anda semua.

Dari kedua offshoot kedua tanaman kurma ini ada perbedaan. perbedaannya terletak pada jenis kelamin dari offshoot tersebut, yaitu seperti dibawah ini :
- tanaman kurma yang berjenis kelamin betina, bisa beranak-tunas atau mempunya offshoot yang berjenis kelamin betina dan jantan
- sedangkan tanaman kurma yang berjenis kelamin jantan, hanya bisa beranak-tunas atau mempunya offshoot yang berjenis kelamin jantan saja..

Dari pengalaman saya sendiri, memang ada tanaman kurma yang tidak bertunas sama seperti pohon palma yg lain. ada pohon kelapa yang bisa bertunas, tapi ada juga yang tidak. ada pohon pinang yang bisa bertunas, ada juga yang tidak. untuk prosentase bertunas pada pohon kelapa memang relatif lebih kecil daripada pada tanaman pinang dan tanaman kurma.

cara menanam kurma - offshoot tanaman kurma Mr. Anucha Boonlue-Thailand

Nah, foto di atas adalah foto offshoot atau anakan tanaman kurma yang sudah besar, sehingga terlihat perbedaannya dari tanaman induk.

cara menanam kurma - offshoot tanaman kurma di UEA

Dari gambar di atas bisa kita lihat, daun kurma offshoot dihilangkan dan diikat. Hal ini bertujuan untuk melindungi bakal tunas yang baru, meminimalisir penguapan, meminimalisir stress tanaman, karena offshoot ini baru dipisahkan dari induknya dan baru ditanam sehingga perlu diikat atau dibungkus

Secara teori, anak-tunas atau offshoot akan mewarisi sifat-sifat induknya. kalau induknya berbuah manis, maka anak-tunas atau offshootnya juga akan berbuah manis. jika induknya bisa berproduksi tinggi, maka anak-tunas atau offshootnya juga bisa berproduksi tinggi, begitu seterusnya...
Namun, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor iklim, perawatan, pemupukan, pengairan, penyerbukan dan faktor-faktor budidaya lainnya tidak terkecuali faktor manusianya sendiri.

Share Artikel ini :