cara menanam kurma



Bagi masyarakat indonesia, kurma merupakan buah-buahan sudah sangat familiar, sehingga tidak mengherankan jika buah yang satu ini biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa di bulan suci Ramadhan dan di hari raya Idul Fitri nanti.

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia mulai menaruh perhatian pada buah kurma untuk dibudidayakan di Indonesia, termasuk saya. Dengan masih sedikitnya referensi cara menanam kurma yang ada, maka belum banyak yang tahu seperti apa cara menanam pohon kurma, seperti apa budidaya kurma di Indonesia, seperti apa cara menanam biji kurma, apakah pohon kurma bisa berbuah, kalau bisa berbuah dimana kebun kurma di Indonesia, bagaimana cara perawatan tanaman kurmanya, dan sebagainya...

berikut ini merupakan foto kebun kurma di salah satu negara timur tengah..

cara menanam kurma

sebelum kita membahas lebih dalam, perlu kita ketahui ditempat seperti apa tanaman kurma bisa dibudidayakan..

Menurut para pakar, tanaman kurma bisa di budidayakan di suatu lokasi dengan suhu udara minimal 18 derajat Celcius. Suhu udara di Indonesia sendiri memiliki suhu udara 30 s/d 40 derajat Celcius, sehingga lebih dari cukup untuk budidaya kurma di Indonesia.

Dari foto di atas terlihat dengan jelas bagaimana luasnya kebun kurma ini. Kalau di Indonesia perkebunan yang luas seperti foto di atas bisa dilihat di perkebunan kelapa sawit perusahaan-perusahaan besar. Perkebunan dengan jumlah pohon yang banyak, pasti membutuhkan management cara menanam kurma yang baik agar ketika merawat, membersihkan gulma, membuat irigasi, memupuk, pruning, mengawinkan, memanen bisa dilakukan dengan mudah.

Sehingga akan timbul pertanyaan dalam benak kita, berapa jarak tanam untuk pohon kurma yang ideal?

seorang teman yang bekerja di UEA atau Uni Emirat Arab menjawab, "kalau ikut petunjuk seperti pada gambar di bawah ini 9 x 9 x 9 meter, tetapi dengan jarak 6 x 6 x 6 meter atau jarak 4 x 6 meter pun sudah cukup untuk kurma dewasa"...

jarak tanaman kurma

Satu lagi, jika Anda ingin menanam pohon kurma, baik skala kecil, skala sedang ataupun skala perkebunan, usahakan menanam bibit kurma dari hasil kultur jaringan (yang 100% betina) atau offshoot (anak tunas). Disarankan juga untuk mengatur formasi cara menanam kurma betina dan pohon kurma jantan, karena 1 pohon jantan bisa menyerbuki 15 s/d 20 pohon kurma betina. Saat pohon kurma masih rendah, kita masih bisa mengawinkannya, tetapi jika pohon sudah tinggi kita akan kesulitan untuk mengawinkannya, sehingga diperlukan formasi cara menanam kurma yang sesuai agar ketika pohon kurma sudah tinggi terjadi penyerbukan secara alami.

Kami menyediakan :
- Pupuk untuk Tanaman Kurma
- Pestisida Alami untuk Tanaman Kurma

untuk lebih lanjut, segera hubungi kami di 0856. 4717. 8717 (WA Only)


=====================

Sumber

 

Share Artikel ini :